FunStudy

data analyst

Pelatihan Data Analyst – Mengenal Jenis-jenis Data

Dalam dunia yang semakin digital, data menjadi elemen yang sangat penting. Bagi seorang data analyst, memahami jenis-jenis data adalah langkah pertama yang krusial. Di artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis data yang sering ditemui, serta mengapa pengetahuan ini sangat penting dalam pelatihan data analyst. Yuk, kita mulai!

Jenis-Jenis Data

  1. Data Kuantitatif Data kuantitatif adalah data yang dapat diukur dan dinyatakan dalam angka. Contohnya termasuk penjualan bulanan, jumlah pelanggan, atau tinggi badan. Data ini sering digunakan untuk membuat grafik, tabel, dan model statistik.
  2. Data Kualitatif Berbeda dengan data kuantitatif, data kualitatif lebih berfokus pada deskripsi. Contoh data kualitatif termasuk ulasan pelanggan, wawancara, atau observasi langsung. Data ini memberikan wawasan mendalam yang tidak bisa diukur dengan angka.
  3. Data Terstruktur Data terstruktur adalah data yang disimpan dalam format yang teratur dan mudah diolah, seperti dalam spreadsheet atau database. Contoh data terstruktur meliputi data penjualan, data karyawan, atau data inventaris.
  4. Data Tidak Terstruktur Data tidak terstruktur adalah data yang tidak memiliki format tertentu dan sulit diolah. Contohnya termasuk email, video, gambar, atau postingan media sosial. Analisis data tidak terstruktur sering kali memerlukan teknik khusus dan alat analitik canggih.
  5. Data Primer Data primer adalah data yang dikumpulkan langsung dari sumber asli. Contoh pengumpulan data primer termasuk survei, wawancara, dan eksperimen. Data ini sering dianggap lebih dapat diandalkan karena dikumpulkan khusus untuk tujuan penelitian tertentu.
  6. Data Sekunder Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh orang lain dan biasanya tersedia untuk umum. Contohnya termasuk laporan riset pasar, statistik pemerintah, dan artikel jurnal. Menggunakan data sekunder bisa menghemat waktu dan biaya, tetapi validitasnya harus diperiksa dengan hati-hati.

Baca juga: Langkah-Langkah Pembuatan Konten

Pentingnya Memahami Analisis Data

Mengetahui berbagai jenis data membantu data analyst dalam memilih metode analisis yang tepat dan alat yang sesuai. Misalnya, untuk data kuantitatif, metode statistik dan perangkat lunak seperti Excel atau SPSS mungkin diperlukan. Sementara itu, untuk data tidak terstruktur, analisis teks atau pemrosesan bahasa alami (NLP) mungkin lebih cocok.

Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang jenis data juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis data, data analyst bisa menyusun strategi yang lebih efektif untuk memecahkan masalah bisnis.

Ayo Tingkatkan Kemampuan Analisis Datamu!

Ingin menjadi data analyst yang handal? Menguasai jenis-jenis data adalah langkah awal yang penting. Pelatihan data analyst yang komprehensif akan membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menganalisis berbagai jenis data dengan tepat.

Segera daftar untuk pelatihan data analyst terbaik dan jadilah ahli dalam mengolah data. Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran!

Untuk informasi lebih lanjut seputar pelatihan online lainnya hubungi admin kami di: 

Whatsapp: (+628112647094)

Instagram: @funstudy_id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *